Warga Garut dan Pangandaran Rasakan Gempa, BNPB: Waspada Potensi Guncangan Susulan

Warga Garut dan Pangandaran Rasakan Gempa, BNPB: Waspada Potensi Guncangan Susulan
(Sumber: Badan Nasional Penanggulangan Bencana/Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika)

GUNCANGAN gempa dirasakan warga di wilayah Provinsi Jawa Barat, Jumat dini hari (18/2). Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa terjadi di 2 titik berbeda.

Gempa pertama terjadi di wilayah Garut dengan magnitudo (M) 2,7 pukul 01.30 WIB. Pusat gempa berada pada 30 kilometer (km) barat daya Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 2 km.

Sementara itu, gempa kedua terjadi di wilayah Pangandaran dengan M 5,3 pukul 02.50 WIB. Pusat gempa berada pada 249 km barat daya Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat, dengan kedalaman 10 km.

Makanan kucing

“Berdasarkan pemodelannya, kedua gempa tersebut tidak memicu terjadinya tsunami. Akan tetapi, para warga diminta tetap waspada terhadap potensi gempa susulan,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari.

Hingga kini, Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) masih memantau dan melakukan koordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat guna mendapatkan informasi terkini dilokasi kejadian.

Masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya gempa.

“Pengetahuan mengenai lokasi titik kumpul terdekat juga harus tersampaikan keseluruh lapisan masyarakat untuk meminimalisasi ancaman bahaya gempa bumi,” pungkas Abdul. (RLS/J1)

Baca Juga:  Kapolri: Rekayasa Lalin One Way-Gage di Tol Cikampek Berjalan Lancar
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *