Wamendag Jerry Sambuaga Tutup Belitung Expo 2023

Wamendag Jerry Sambuaga Tutup Belitung Expo 2023
(Sumber: Kemendag)

TERHUBUNGNYA produk lokal dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) berkualitas dengan seluruh masyarakat merupakan kunci agar produk Indonesia dapat naik kelas. Salah satu cara untuk menghubungkannya adalah melalui kegiatan pameran yang menampilkan berbagai produk unggulan daerah.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga saat menutup gelaran pameran Belitung Expo 2023 di Pantai Tanjung Pendam, Tanjung Pandan, Belitung, Rabu (5/7).

Read More

Tahun ini, Belitung Expo dilaksanakan pada 1—5 Juli 2023 yang sekaligus dalam rangka peringatan Hari Jadi Kota Tanjung Pandan ke-185.

“Belitung Expo 2023 menjadi sarana yang tepat bagi UMKM Belitung untuk naik kelas dan mendapatkan akses pasar yang lebih luas serta untuk mengembangkan potensi produk unggulan Kabupaten Belitung,”ujar Wamendag.

Sebagai penggerak ekonomi, lanjut Wamendag, kegiatan pameran seperti Belitung Expo diharapkan dapat dilaksanakan secara rutin.

“Kami harap pameran yang mengedepankan produk dalam negeri seperti ini menjadi kegiatan rutin untuk menggerakkan ekonomi, baik ekonomi Belitung, maupun ekonomi Indonesia secara keseluruhan dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045,” terang Wamendag.

Wamendag menambahkan, tahun lalu Kementerian Perdagangan juga bertindak sebagai manajer kampanye Gerakan Bangga Buatan Indonesia di Provinsi Bangka Belitung.

Kementerian Perdagangan terus mendorong dan mendukung kegiatan pameran seperti ini sebagai salah satu bentuk promosi produk unggulan daerah Belitung kepada masyarakat. Menurut Wamendag, kolaborasi dan kerja sama daripara pemangku kepentingan tentunya menjadi kunci sukses dalam kemajuan perekonomianIndonesia secara keseluruhan.

Bupati Belitung Sahani Saleh menjelaskan, Belitung Expo merupakan kegiatan yang sangat membantu perekonomian dan membangun UMKM khususnya di Pulau Belitung. Melalui Belitung Expo, pelaku UMKM satu dengan UMKM lainnya dapat berkolaborasi.

“Kegiatan ini juga diharapkan mampu mendukung pariwisata Belitung terutama di tengah gelaran internasional seperti ASEAN Blue Economy Forum yang berlangsung pada awal Juli 2023,”pungkas Sahani.

Baca Juga:  Indonesia dan Uni Eropa Berhasil Tuntaskan Perundingan I-EU CEPA Putaran ke-15

Belitung Expo merupakan ajang pameran tahunan di Kepulauan Belitung. Belitung Expo 2023 diikuti oleh 132 peserta yang dibagi dalam beberapa zona. Di antaranya Zona Kemandirian, Zona UMKM Naik Kelas, Zona Resto, Zona Ngupi, Zona Untip Untipan, Zona Minuman Viral, Zona Makanan Berat, dan Zona Penggemar Bonsai.(RLS/J3)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts