Wamendag Beri sambutan pada kegiatan Diseminasi Pengawasan Barang Terkait K3L

Wamendag Beri sambutan pada kegiatan Diseminasi Pengawasan Barang Terkait K3L
(Sumber: Kementerian Perdagangan)

WAKIL Menteri Perdagangan, Jerry Sambuaga memberikan sambutan pada kegiatan Diseminasi Pengawasan Barang Terkait Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Lingkungan Hidup (K3L) yang dilaksanakan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Sabtu (12/1).

Wamendag menyampaikan bahwa Kemendag terus memaksimalkan upaya dalam pengawasan barang sesuai K3L guna menjamin perlindungan kepada seluruh konsumen di Indonesia.

Read More

Selain itu, Kemendag juga melakukan pengembangan organisasi melalui pembentukan Balai Pengawasan Tertib Niaga (BPTN) untuk memaksimalkan pelaksanaan pengawasan tersebut. Saat ini, BPTN terdiri atas empat balai yang berlokasi di Medan, Bekasi, Surabaya, dan Makassar. Adapun wilayah kerja BPTN Makassar meliputi Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Wamendag mengungkapkan bahwa BPTN juga perlu memperkuat kerja sama dengan pemerintah daerah terkait pemeriksaan, pengawasan, dan penegakan hukum di bidang perdagangan. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan kegiatan perdagangan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di seluruh Indonesia.

Sementara, Direktur Tertib Niaga, Tommy Andana menyatakan bahwa terdapat 22 barang listrik dan elektronika yang termasuk di dalam daftar barang terkait K3L. Pengawas melakukan pengawasan di pasar sesuai parameter pengawasan yang terdiri dari legalitas registrasi barang K3L, pencantuman nomor registrasi barang K3L, dan kesesuaian barang terhadap parameter perjanjian yang dipersyaratkan.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh narasumber yaitu Pengawas Perdagangan Ahli Muda Kemendag, Muh. Muflih Suaib dan dimoderatori oleh Pengawas Barang Beredar dan Jasa Kemendag, Fathul Mungin Gotha Pratomo. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 100 peserta yang merupakan masyarakat di wilayah Kabupaten Minahasa.

Baca Juga:  Kemenag Siapkan Skema Ibadah Haji 1443 H/2022 M
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts