Update Persiapan Pemberian Vaksin Covid-19 di RSUP Persahabatan

  • Whatsapp
RSUP Persahabatan
Foto: jurnal-investigasi.com

DIREKTUR Perencanaan, Organisasi, & Umum Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, dr Yudhaputra Tristanto, M. Kes, memberitahukan tentang kesiapan RSUP Persahabatan menjalankan layanan vaksin mandiri. Secara jelas diterangkan bahwa RSUP Persahabatan siap untuk melaksanakan pemberian vaksin covid-19.

“Persiapan proses vaksinasi di Rumah Sakit Umum Pusat Persahabatan mengikuti aturan yang sudah ada dari kesehatan maupun pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Bahwa Rumah Sakit Persahabatan adalah salah satu fasilitas kesehatan yang melayani pelaksanaan vaksinasi,” ujarnya saat ditemui jurnal-investigasi.com, di Jakarta, Jumat (8/1).

Proses pemberian vaksinasi covid-19 di RSUP Persahabatan akan dilakukan secara bertahap, yakni 3 sesi per hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB, dengan pembagian per 2 jam untuk 20 orang pertama. Pemberian vaksinasi covid-19 akan dilaksanakan di pos Poli Vaksinasi, RSUP Persahabatan.

RSUP Persahabatan
Foto: jurnal-investigasi.com

“Kita merencanakan sebetulnya ada 2 tahap seperti yang diberitakan. Pertama adalah melakukan persiapan untuk vaksinasi dari nakes dan masyarakat. Juga melakukan secara simultan dengan pertama kali melakukan suatu prototipe untuk pelayanan di tenaga kesehatan,” imbuhnya.

Dia mengatakan, dari 2.091 tenaga kesehatan di RSUP Persahabatan, hanya sebanyak 1.800 yang akan divaksin covid-19.

“Dari 2.091 ini, tidak semua mendapatkan vaksinasi karena memang pegawai kita ada yang punya komorbid. Kemudian, ada juga yang memiliki penyakit penyerta sehingga tidak masuk dalam kriteria vaksinasi tersebut,” tambahnya.

Di sisi lain, pihak RSUP Persahabatan belum dapat memastikan berapa jumlah masyarakat yang akan diberi vaksinasi covid-19 disebabkan masih dalam proses pendataan serta menunggu perintah dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Kementerian Kesehatan. Hal itu berkaitan dengan sejauh mana setiap sarana kesehatan membantu masyarakat mempercepat proses vaksinasi. Sementara itu, pemberian vaksinasi di RSUP Persahabatan akan dilakukan mulai April mendatang.

Dr Irwin Tedja, Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam di RSUP Persahabatan, mengatakan adapun syarat dari segi kesehatan yang diperlukan bagi penerima vaksin covid-19. Pertama, dewasa sehat. Perlu ditekankan di sini sehat dalam arti tidak sedang mengalami penyakit apa pun, terutama penyakit infeksi. Kedua, sudah mengerti dan menyetujui untuk divaksin. Ketiga, terhindar atau tidak memiliki alergi terhadap vaksin.

Baca Juga:  Judi Online Semakin Meresahkan

Dr Yudhaputra Tristanto, M. Kes, menambahkan, selain rumah sakit vertikal seperti RSUP Persahabatan, rumah sakit daerah bahkan sampai puskesmas akan melakukan pemberian vaksinasi covid-19.

Kelompok usia 18 sampai 59 tahun masuk ke gelombang pertama vaksinasi massal covid-19 di Indonesia pekan depan. Sementara itu, mereka yang berusia 60 tahun ke atas tidak diprioritaskan mendapat vaksinasi.

Direktur Perencanaan, Organisasi, & Umum RSUP Persahabatan juga mengimbau, “Kepada masyarakat dan tenaga kesehatan yang mendapat panggilan atau sudah terdaftar, datanglah pada waktu yang sudah ditentukan sehingga akan memperlancar proses vaksinasi covid-19. Kemudian, pada saat pelaksanaan vaksinasi covid-19, tolong kita juga membantu petugas membatasi penyebaran dengan tetap menggunakan protokol kesehatan.” (Ans/J1)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 comments

  1. Greetings from Colorado! I’m bored to death at work so I decided to check out your blog on my iphone during lunch break. I really like the knowledge you present here and can’t wait to take a look when I get home. I’m surprised at how quick your blog loaded on my mobile .. I’m not even using WIFI, just 3G .. Anyhow, great blog!

  2. I wish to express my appreciation for your kindness in support of those individuals that must have help on this particular niche. Your special commitment to passing the message up and down was pretty insightful and have consistently permitted some individuals just like me to realize their desired goals. This warm and helpful tutorial signifies a lot a person like me and still more to my colleagues. With thanks; from each one of us.

  3. Pingback: jade tinder