Tim Penghubung MA-KY Kembali Bahas Isu Kelembagaan

  • Whatsapp
Tim Penghubung MA-KY Kembali Bahas Isu Kelembagaan
Pertemuan Tim Penghubung KY dan MA kembali digelar di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta, Rabu (22/6). (Komisi Yudisial)

PERTEMUAN Tim Penghubung Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA) kembali digelar di Gedung Komisi Yudisial, Jakarta, Rabu (22/6). Pertemuan ini bertujuan mengidentifikasi dan menyepakati isu-isu yang dapat dikolaborasikan antara kedua lembaga ke depan dalam rangka mendorong kemandirian hakim dan peradilan.

“Penting bahwa KY dan MA telah mampu mengubah persepsi yang selama ini dianggap kurang harmonis hubungannya. Namun, mulai dengan adanya Tim Penghubung, kita tunjukkan bahwa KY dan MA telah mempunyai kesadaran berbangsa dan bernegara. Juga, sebagai lembaga negara, harus bersinergi,” ujar Ketua KY Mukti Fajar Nur Dewata dalam keterangannya.

Menurut Mukti, pertemuan ini merupakan upaya dalam mewujudkan peradilan bersih dan bermartabat. Itu karena negara maju ialah negara yang masyarakatnya mempercayai peradilan. Mukti juga berterima kasih kepada MA karena telah bersanding di hadapan publik dalam mengatasi persoalan terkait dengan tugas MA dan KY serta mendapatkan respons positif.

“Ketika ke daerah, banyak hakim yang ingin ikut hadir menjadi peserta pelatihan peningkatan kapasitas hakim. Dahulu mungkin ogah-ogahan, sekarang antusias,” beber Mukti.

Lalu, kajian teknis yudisial terkait dengan pemeriksaan hakim juga dibahas agar ada persamaan persepsi sehingga kedua lembaga memiliki cara pandang yang sama supaya kerja lebih cepat dan efektif.

“KY dan MA sudah punya peraturan bersama tentang pemeriksaan bersama. Namun, hingga kini, belum terealisasi. Dengan pembentukan Tim Penghubung, kita menyatukan pandangan tentang pemeriksaan bersama,” pungkas Mukti.

Pertemuan ini dilanjutkan dengan pemaparan 11 isu-isu strategis oleh tim ahli. Isu-isu strategis tersebut akan didiskusikan dan disepakati kedua lembaga melalui pertemuan ini untuk dibawa ke dalam pembahasan yang lebih detail.

Pertemuan Tim Penghubung KY dan MA ini dihadiri secara langsung oleh pimpinan KY dan MA, para pejabat struktural dari kedua lembaga, serta tim kerja eksternal dari kalangan akademisi dan organisasi masyarakat sipil. (RLS/J1)

Baca Juga:  Kemenkeu Perpanjang Insentif PPnBM Kendaraan Bermotor

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *