Sungai Meluap, 865 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Toli-Toli Sulteng

Sungai Meluap, 865 Rumah Terendam Banjir di Kabupaten Toli-Toli Sulteng
Kondisi rumah warga yang terdampak banjir di Kabupaten Toli-Toli, Sulawesi Tengah, Rabu (23/3). (BPBD Provinsi Sulawesi Tengah/BNPB)

BANJIR merendam 865 unit rumah di wilayah Kabupaten Toli-Toli, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng), Rabu (23/3). Peristiwa tersebut terjadi akibat meluapnya Sungai Tuweley dan Sungai Lembe pascahujan dengan intensitas tinggi melanda pukul 02.30 WITA.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Tengah melaporkan banjir dengan ketinggian muka air sekitar 70 sentimeter-100 sentimeter itu menyebabkan 866 kepala keluarga (KK) di dua kecamatan terendam banjir.

Adapun dua kecamatan yang terendam, yakni Baolan meliputi Kelurahan Baru dan Kelurahan Tuweley serta Galang dengan wilayah Desa Tende dan Desa Aung.

Makanan kucing

Banjir juga menyebabkan beberapa insfrastuktur terdampak. Tercatat, 1 unit sekolah dasar dan Kantor Desa Aung ikut terendam serta 2 jembatan mengalami kerusakan.

“Pada saat kejadian, BPBD bersama tim gabungan langsung terjun ke lokasi guna melakukan percepatan penanganan, melakukan asasmen, dan berkoordinasi dengan aparat desa untuk melakukan pemantauan,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Abdul Muhari dalam keterangan tertulis, Kamis (24/3).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir atau kilat serta angin kencang pada siang dan malam hari di wilayah Kabupaten Toli-Toli, juga sebagian wilayah Provinsi Sulawesi Tengah pada Kamis (24/3) dan Jumat (25/3).

Dalam menanggapi potensi hujan tersebut, kata Abdul, BNPB mengimbau kepada pemerintah daerah dan masyarakat agar selalu siap siaga menghadapi peristiwa alam yang dapat muncul diakibatkan hujan, seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, dan angin kencang. (RLS/J1)

Baca Juga:  Ketua MA Pimpin Wisuda Purnabakti Dr Robinson Tarigan
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 comments