Sekjen Kemendag Hadiri Rakor Pembentukan Forum Koordinasi Kebijakan Luar Negeri

Sekjen Kemendag Hadiri Rakor Pembentukan Forum Koordinasi Kebijakan Luar Negeri
(Sumber: Kementerian Perdagangan)

SEKRETARIS Jenderal Kementerian Perdagangan, Suhanto menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Pembentukan Forum Koordinasi Kebijakan Luar Negeri yang diselenggarakan oleh Kementerian Luar Negeri di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Kamis (5/10).

Sekjen Suhanto mengatakan bahwa diplomasi ekonomi sangat erat dengan kebijakan di Kementerian Perdagangan. Untuk itu Kemendag mendukung pembentukan Forum Koordinasi Kebijakan Luar Negeri, karena banyak sekali kebijakan yang bersinggungan dengan Kementerian Perdagangan.

Lebih lanjut, Suhanto mengatakan bahwa sejalan dengan aksi untuk menuju Indonesia Emas, bagaimana kita bisa menguasai pasar dunia, diplomasi ekonomi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan adalah diplomasi perundingan perdagangan.

Makanan kucing

Indonesia ingin memperkuat peran perwakilan perdagangan di luar negeri baik Atase Perdagangan maupun ITPC, Dubes WTO dan Kantor Dagang Ekonomi serta Konsul Perdagangan untuk meningkatkan promosi dan pemasaran produk Indonesia di luar negeri. Untuk itu diperlukan kolaborasi dan koordinasi dengan semua pihak.

Pembentukan Forum Koodinasi Kebijakan Luar Negeri didasari pengoordinasian penyelenggaraan hubungan luar negeri dan politik luar negeri yang semakin krusial di tengah situasi geopolitik dan ekonomi global yang semakin kompleks serta peran dan kepemimpinan Indonesia di kawasan dan dunia yang meningkat tajam. Forum Koordinasi Kebijakan Luar Negeri direncanakan untuk diresmikan pada akhir tahun 2023 oleh Menteri Luar Negeri.

Rakor Pembentukan Forum Koordinasi Kebijakan Luar Negeri diikuti Pejabat terkait dari Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Baca Juga:  KY Pantau Langsung Rangkaian Sidang Dugaan Korupsi di MA
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts