Raindo United Services-AerCap Teken Perjanjian Sewa 2 Boeing 737-800 Converted Freighters 

Raindo United Services-AerCap Teken Perjanjian Sewa 2 Boeing 737-800 Converted Freighters 
Sumber: Kementerian Luar Negeri/KBRI Singapura​

MASKAPAI penyedia layanan jasa kargo udara berbasis digital di Indonesia, yaitu PT Rusky Aero Indonesia, yang beroperasi dengan nama Raindo United Services (Raindo/RUS) mengumumkan penandatanganan kerja sama dengan perusahaan lessor AerCap dalam mendatangkan dua armada Boeing 737-800 Converted Freighters, Jumat (31/3).

Kerja sama dengan AerCap membawa Raindo United Services selangkah lebih dekat untuk mengudara sebagai maskapai kargo berbasis start-up digital pertama di Indonesia.

Prosesi penandatangan dilaksanakan di Kedutaan Besar Indonesia di Singapura yang dihadiri Duta Besar Singapura untuk Indonesia Suryo Pratomo; Founder Raindo United Services Benny Rustanto; para Co-Founder Raindo United Services; Muhammad Suryo, Bambang Sujatmiko, Capt. Yudhi Fadjari, Dodi AbdulKadir, Hans Nugroho, Febiantori; dan Head of Leasing Asia Pacific AerCap Emmanuel Herinckx.

Makanan kucing

Founder PT Rusky Aero Indonesia Benny Rustanto mengatakan ini merupakan momen yang spesial karena membuat Raindo United Services semakin lebih dekat dalam menjadi katalisator perubahan di industri logistik.

“Hari ini merupakan momen yang spesial karena Raindo United Services selangkah semakin dekat dalam menjadi katalisator perubahan di industri logistik. Bersama dengan AerCap, dua unit Boeing 737-800 Converted Freighters dari Raindo United Services akan segera mengudara dan menghadirkan ekosistem logistik konektivitas tanpa batas dan berkelanjutan serta memberikan dampak positif instan kepada industri usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), khususnya di Indonesia,” kata Benny dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (1/4).

“Ekosistem yang dihadirkan Raindo United Services, mulai realtime tracking dari first hingga last mile, dapat diakses secara mudah melalui aplikasi Raindo App, serta didukung kehadiran armada Boeing 737-800 BCF yang telah dilengkapi sistem kargo termutakhir, seperti fasilitas unit loading device (ULD), tank oksigen, hingga mesin pendingin, memungkinkan kami mewujudkan komitmen perusahaan dalam mendukung industri logistik, khususnya UMKM, mengatasi hambatan-hambatan, seperti harga logistik yang tinggi, proses pengiriman yang tidak efisien, dan keterbatasan akses saluran distribusi,” tambah Benny.

Sementara itu, Head of AerCap Cargo Richard Greener mengatakan pihaknya sangat senang menyambut Raindo United Services sebagai mitra AerCap.

“Kami sangat senang dalam menyambut Raindo United Services sebagai mitra AerCap dalam menghadirkan pesawat pertamanya. Kami mengharapkan yang terbaik untuk peluncuran operasional Raindo United Services dan menantikan kerja sama dengan Raindo United Services dalam pengiriman armadanya,” kata Richard.

Baca Juga:  Konflik Rusia-Ukraina Sebabkan HBA Maret Jadi USD203,69 Per Ton

Duta Besar RI untuk Singapura Suryo Pratomo menyambut baik terbentuknya penandatanganan MoU antara Raindo United Services dan Aercap serta mendorong implementasi kerja sama kedua pihak yang nyata dan berkelanjutan.

Kolaborasi ini perlu didukung dengan engagement erat pelaku UMKM dalam skala besar maupun kecil sehingga UMKM tidak hanya menjadi pengguna layanan, tapi juga utamanya sebagai mitra kerja PT RUS.

“Dengan adanya dua armada converted freighters ini, yang saya yakin nanti jumlahnya akan cepat bertambah, dapat mendorong semangat UMKM Indonesia untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas produknya agar siap diekspor ke mancanegara,” kata Suryo.

Raindo United Services saat ini telah mendapatkan Sertifikat Standar Angkutan Udara Niaga Berjadwal Kargo Luar dan Dalam Negeri pada 13 Desember 2022 yang direncanakan akan melakukan penerbangan perdana pada Juli 2023 untuk rute domestik (Jakarta, Medan, Balikpapan, Makassar, dan Surabaya) serta internasional (Singapura, Hong Kong, dan Guangzhou).

Tersedianya layanan Raindo United Services pada kota-kota tersebut dipastikan dapat mendukung dan meningkatkan sektor logistik melalui konektivitas logistik udara secara digital antarpulau dan antarnegara. (J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts