Progres Konstruksi JTTS Capai 63%, ke Danau Toba hanya 2 Jam

Progres Konstruksi JTTS Capai 63%, ke Danau Toba hanya 2 Jam
Sumber: Kementerian Badan Usaha Milik Negara

PT Hutama Karya (Persero) terus mempercepat penyelesaian pembangunan tahap I Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) dalam mewujudkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS).

Salah satunya, proyek Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat sepanjang 143,5 km yang merupakan ruas jalan tol terpanjang di Provinsi Sumatra Utara.

Pembangunan jalan tol ini ditugaskan kepada Hutama Karya selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama dua BUMN lainnya, yaitu PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Toll Road (WTR).

Makanan kucing

Ketiganya membentuk Badan Usaha Jalan Tol (BUJT), yakni PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) khusus untuk pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat. Nilai investasi pada proyek ini mencapai Rp13,45 triliun.

Sementara itu, untuk skema pendanaan, dilakukan sharing modal antara Hutama Karya, Jasa Marga, dan Waskita Toll Road dengan persentase pendanaan masing-masing, yaitu 94,08%, 2,96%, dan 2,96%.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan, dalam pelaksanaan proyek Tol Kuala Tanjung–Tebing Tingg –Parapat, Hutama Karya melalui Hamawas mengerjakan konstruksi pada seksi 1 sampai dengan 4, termasuk junction Tebing Tinggi sepanjang 96,5 km, sedangkan 5 hingga 6 merupakan dukungan konstruksi pemerintah atau viability gap fund (VGF).

“Hingga saat ini, progres Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat yang kami kerjakan tanpa VGF memiliki persentase progres lahan sebesar 87,7% dan konstruksi sebesar 63,08%. Dalam pembangunannya, tol ini juga melibatkan perusahaan subkontraktor atau pengusaha lainnya, baik skala nasional maupun lokal. Keterlibatan pengusaha ini membantu Hutama Karya dalam menyelesaikan pencapaian target operasional jalan tol serta sebagai komitmen perusahaan untuk membuka lapangan pekerjaan di sekitar proyek tol,” ujar Koentjoro dikutip dari situs Kementerian BUMN, Kamis (24/3).

Lebih lanjut, Koentjoro menerangkan, dengan menggunakan jalan tol yang telah terhubung dari Medan sampai Parapat, nantinya membuat perjalanan menuju Destinasi Super Prioritas (DSP) Danau Toba hanya memakan waktu sekitar 1,5-2 jam yang sebelumnya dapat menghabiskan sekira 4 jam lewat jalur biasa (jalan arteri).

Baca Juga:  Curang, Pertamina Berikan Sanksi Penutupan SPBU di Kibin Serang selama 6 Bulan

“Nantinya, jalan tol ini merupakan jalan alternatif, pilihan, bagi masyarakat yang akan menuju Danau Toba. Tidak hanya akan memangkas waktu tempuh, tapi keberadaan tol ini juga diharapkan dapat mempermudah serta memperlancar arus lalu lintas barang (logistik) dari Medan ke Parapat. Begitu pula sebaliknya,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Utama Hamawas Dindin Solakhuddin menerangkan, dalam proses konstruksinya, Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat menerapkan sejumlah teknologi baru untuk mempercepat proses pelaksanaannya.

“Teknologi baru yang diterapkan dalam pembangunan tol ini adalah aplikasi monitoring berbasis cloud sharing pada Building Information Modelling (BIM). Artinya, aplikasi ini dapat diakses melalui perangkat digital lintas platform (Android, Windows, iOS),” ujar Dindin.

Aplikasi BIM pada pembangunan Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat bermanfaat sebagai alat monitoring dan controlling pekerjaan pembangunan jalan tol. Perangkat yang terhubung dengan Cloud BIM jalan tol ini dapat melihat progres pembangunan, baik secara makro maupun mikro (detail).

“Selain penggunaan teknologi terbaru, untuk mempercepat proses konstruksi di lapangan, kami terus melakukan koordinasi dan asistensi dengan berbagai pihak sehingga pekerjaan dapat selesai sesuai dengan target yang ditentukan dan memiliki kualitas yang optimal dari segi pelayanan dan keamanan untuk nantinya digunakan pengguna jalan saat telah dioperasikan,” tutup Dindin.

Adapun keistimewaan lainnya dari Jalan Tol Kuala Tanjung–Tebing Tinggi–Parapat ini ialah lokasinya yang terbilang strategis. Tidak seperti ruas JTTS lainnya yang hanya berada di salah satu koridor utama (backbone) atau pendukung (feeder), lokasi tol ini terbagi ke dalam dua koridor tersebut.

Pertama, ruas Tebing Tinggi–Inderapura–Kuala Tanjung yang merupakan koridor konektivitas backbone JTTS. Kedua, ruas Tebing Tinggi–Parapat yang merupakan koridor konektivitas regional Sumatra Utara untuk menuju Danau Toba dan Pelabuhan Kuala Tanjung sebagai pelabuhan internasional strategis yang masuk ke jalur maritim perdagangan dunia.

Sebagai informasi, jalan tol ini terdiri atas 6 seksi, yakni seksi 1 Tebing Tinggi–Inderapura (20,4 km), seksi 2 Inderapura–Kuala Tanjung (18,05 km), seksi 3 Tebing Tinggi–Serbelawan (30 km), seksi 4 Serbelawan–Pematang Siantar (28 km), seksi 5 Pematang Siantar–Seribudolok (22,3 km), dan seksi 6 Seribudolok-Parapat (16,7 km). Juga, terdapat Junction Tebing Tinggi sepanjang (7,9 km).

Baca Juga:  BNPB Minta Warga Kota Cirebon Tetap Waspada meski Rob Berangsur Surut

Keberadaan tol ini diharapkan mampu menumbuhkan sentral-sentral ekonomi baru, khususnya di sekitar akses ruas jalan tol, memajukan UMKM yang berada di daerah sekitar, serta meningkatkan potensi pariwisata Danau Toba. (J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 comments

  1. hey there and thank you for your information – I’ve certainly picked up anything
    new from right here. I did however expertise a few technical points using this site, as I experienced to reload the web site many times previous to I could get it to load
    properly. I had been wondering if your hosting is OK?
    Not that I’m complaining, but slow loading
    instances times will sometimes affect your placement in google and could
    damage your quality score if advertising and marketing with Adwords.
    Anyway I’m adding this RSS to my email and could look out for a lot more of your respective exciting content.
    Make sure you update this again soon.

  2. Thanks for your personal marvelous posting! I definitely enjoyed reading it, you are a great author.I will make certain to bookmark
    your blog and will often come back at some point. I
    want to encourage yourself to continue your
    great posts, have a nice day!

  3. Hello, i read your blog from time to time and i own a similar one and i was just curious if you get a lot of
    spam responses? If so how do you reduce it, any plugin or
    anything you can suggest? I get so much lately it’s driving me mad so any assistance is very much appreciated.

  4. Wow, amazing weblog layout! How lengthy have you been blogging for?

    you make running a blog look easy. The entire look
    of your website is wonderful, let alone the content!

    You can see similar here dobry sklep