Polri Tangkap Buronan Kepolisian Jepang Mitsuhiro Taniguchi di Lampung

Polri Tangkap Buronan Kepolisian Jepang Mitsuhiro Taniguchi di Lampung
Sumber: Polri

KEPOLISIAN Negara Republik Indonesia (Polri) telah menangkap buronan kepolisian Jepang, Mitsuhiro Taniguchi (MT), di Lampung Tengah, Lampung, Selasa malam (7/6). Mitsuhiro akan segera dideportasi pihak Imigrasi Jakarta.

“Semalam yang bersangkutan diamankan sekitar pukul 23.00. Kemudian, digeser ke Imigrasi Jakarta dan saat ini kemungkinan besar sudah berada di Imigrasi,” kata Kabag Penum Divhumas Polri Kombes Gatot Repli Handoko dalam keterangannya, Rabu (8/6).

“Selanjutnya, upaya atau langkah yang akan dilakukan adalah dilakukan deportasi. Namun, tetap menunggu update terbaru dari teman-teman di Imigrasi,” sambungnya.

Gatot menjelaskan Mabes Polri membantu kepolisian Jepang secara proaktif. Polri tengah menunggu red notice dari Interpol terkait dengan Mitsuhiro Taniguchi.

“Kami telah berkoordinasi dengan kepolisian Jepang di Jakarta terkait dengan upaya pencarian terhadap buronan dari pemerintah Jepang yang bernama MT. Kemudian, kami juga berupaya menunggu daripada red notice yang sudah diajukan kepolisian Jepang ke Interpol yang ada di Prancis,” tambahnya.

Lebih lanjut, Gatot menyebut red notice tersebut hingga kini belum diterima Polri. Karena itu, kata dia, langkah yang bisa dilakukan kepolisian untuk sementara waktu hanya berkoordinasi dengan pihak Imigrasi.

“Namun, sampai saat ini kami belum menerima (red notice) dan langkah upaya yang sudah dilakukan Polri adalah berkoordinasi dengan teman-teman di Imigrasi,” kata Gatot.

Sebelumnya, polisi menangkap buronan kepolisian Jepang Mitsuhiro Taniguci. Ia mulanya terdeteksi oleh pihak Imigrasi lantaran paspornya dicabut otoritas Jepang.

“Mengapa yang bersangkutan bisa diamankan? Karena dari pemerintah Jepang sudah mencabut paspor yang bersangkutan. Otomatis pergerakan dari buronan tersebut terdeteksi di imigrasi yang ada di Indonesia, yaitu berada di wilayah Lampung Tengah,” kata Gatot.

Kemudian, pihak kepolisian Polda Lampung dan kepolisian Lampung Tengah berkoordinasi untuk menangkap Mitsuhiro. Polisi menangkap Mitsuhiro di daerah Kali Anget, Lampung Tengah.

“Kemudian, dari pihak kepolisian Lampung Tengah dan Polda Lampung, mengamankan yang bersangkutan setelah mendapatkan hasil atau informasi bahwa yang passport-nya dinyatakan sudah tidak berlaku dan berada di Kali Anget, daerah Lampung Tengah,” terangnya. (RLS/J1)

Baca Juga:  Ekonomi Digital Tumbuh hingga Rp4.500 T di 2030

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.