Polisi Tangkap Buronan Kasus Sabu 47 Kg Jaringan Malaysia-Riau

Polisi Tangkap Buronan Kasus Sabu 47 Kg Jaringan Malaysia-Riau
Sumber: Polri

DIREKTORAT Tindak Pidana (Dittipid) Narkoba Bareskrim Polri berhasil melakukan penangkapan terhadap dua tersangka atas nama Abdullah dan Zaenab yang masuk ke daftar pencarian orang (DPO) alias buron pada kasus peredaran narkoba jenis sabu seberat 47 kilogram (kg) jaringan Malaysia-Riau.

Dirtipidnarkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Halomoan Siregar menyampaikan penangkapan buronan tersebut merupakan hasil pengembangan kasus narkoba yang diungkap pada 12 April 2022 di perairan Muntai, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

“Pada waktu tersebut, petugas menangkap empat orang tersangka atas nama M Nofriadi, Heriadi, M Daud, dan Agus Miran alias Agus Togong,” tutur Krisno dalam keteranganya, Rabu (15/6).

Makanan kucing

Menurut Krisno, tersangka Abdullah merupakan pengendali dari sindikat transporter Agus Togong dan kawan-kawan yang menjemput sabu ke perairan Malaysia. Ia pun ditangkap pada Minggu (12/6) sekitar pukul 09.00 WIB di kamar kos Jalan Garuda Sakti, Perumahan Unri, Kelurahan Air putih, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru.

“Abdullah terhubung langsung dengan Mr X. Ia sebagai trader di Malaysia. Penyidik mendeteksi adanya transaksi keuangan yang membiayai operasional Nofriadi, Heriadi, dan M Daud menjemput narkoba dari Bengkalis ke perairan Malaysia,” jelasnya.

Dari penangkapan kedua buronan tersebut, penyidik menyita sejumlah barang bukti antara lain empat unit handphone dan dua kartu ATM. Adapun rencana tindak lanjut, yakni menuntaskan penyidikan dan melakukan pengembangan kasus ke penyidikan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

“Kami sudah naikkan ke penyidikan TPPU untuk TPA 47 kilogram,” tandas Krisno.

Sebelumnya, Dittipidnarkoba Bareskrim Polri menggelar pemusnahan sejumlah barang bukti narkoba hasil pengungkapan kasus jaringan Aceh dan Riau. Total narkotika yang dimusnahkan ada 238 kilogram sabu dan 121 kilogram ganja.

“Sabu atau metamfetamina 238 ribu gram dan ganja 121 ribu gram disita dari empat kasus dengan tersangka berjumlah 13 orang,” tutur Krisno, Sabtu (21/5).

Pemusnahan barang bukti narkoba itu dilakukan pada Jumat (20/5) di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Krisno memerinci, untuk kasus pertama berdasarkan LP/A/0163/IV/2022/SPKT.Dittipidnarkoba/Bareskrim tanggal 4 April 2022, barang bukti narkotika jenis ganja sebanyak 121.280 gram.

Baca Juga:  Resmikan Tol Cibitung–Cilincing, Presiden: Percepat Mobilitas Barang

“Disita dari tersangka S alias S dan R alias U. TKP Jalan Nasional Blangkejeren-Kutacane, Gayo Lues, Aceh,” jelasnya.

Selanjutnya, kasus kedua berdasarkan LP/A/0169/IV/2022/SPKT.Dittipidnarkoba/Bareskrim tanggal 8 April 2022 dengan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 22 ribu gram yang disita dari tersangka HP alias H dan J. Adapun TKP di Dusun Aman, Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh.

Kasus ketiga berdasarkan LP/A/0177/IV/2022/SPKT.Dittipidnarkoba/Bareskrim tanggal 12 April 2022 dengan barang bukti narkotika jenis sabu sebanyak 47 ribu gram yang disita dari tersangka MN, HA, MD, dan AM alias AT. Pengungkapan perkara dilakukan di Jalan Perairan Muntai, Bengkalis, Riau.

Sementara itu, kasus keempat LP/A/0197/IV/2022/SPKT.Dittipidnarkoba/Bareskrim tanggal 23 April 2022 dengan narkotika jenis sabu sebanyak 169 ribu gram yang disita dari tersangka A alias R, J, Z, MY, dan S. Untuk TKP, berada di Aceh Besar, Aceh.

“Jiwa yang terselamatkan dari barang bukti sabu, kurang lebih 238 ribu manusia. Dengan asumsi 1 gram sabu untuk 4 orang per hari, total 952 ribu jiwa. Untuk barang bukti ganja, kurang lebih 121 ribu jiwa. Dengan asumsi 3 gram ganja untuk 1 orang per hari, total 121 ribu jiwa. Total jiwa yang dapat diselamatkan kurang lebih 1.073.000 orang,” tandas Krisno. (RLS/J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 comments

  1. Excellent beat ! I wish to apprentice while you amend your site,
    how can i subscribe for a weblog site? The account helped me a acceptable deal.
    I have been a little bit acquainted of this your broadcast offered vivid transparent
    idea