Menkeu Bertemu Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei Darussalam Guna Perkuat Kerja Sama

Menkeu Bertemu Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei Darussalam Guna Perkuat Kerja Sama
Sumber: Kementerian Keuangan

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bertemu secara bilateral dengan Menteri Ekonomi dan Keuangan Brunei Darussalam Dato Amin Liew Abdullah di sela-sela rangkaian pertemuan Tingkat Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral ASEAN di Nusa Dua, Bali, Jumat (31/3).

Dilansir dari Kementerian Keuangan, Sabtu (1/4), pertemuan dibuka dengan apresiasi dari Sri atas kehadiran Dato Amin di Bali dan meminta dukungannya atas priority economic deliverables (PED) yang diusung Indonesia pada Keketuaan Indonesia saat ini.

Pada kesempatan itu, Dato Amin menyampaikan selamat kepada Indonesia atas kesuksesan Indonesia dalam Presidensi Indonesia pada forum G20. Selain itu, juga dukungan atas PED yang diangkat Indonesia pada Keketuaan ASEAN 2023 yang memiliki kesinambungan sehingga dapat menyiapkan kawasan ASEAN untuk siap dalam menghadapai tantangan ekonomi global dan mencapai pertumbuhan berkelanjutan.

Makanan kucing

Kedua menteri membahas struktur ekonomi ASEAN yang cukup tangguh di tengah krisis dan mampu pulih dalam waktu yang cukup cepat seperti halnya yang terjadi pada krisis keuangan 1997-1998 dan pandemi covid-19.

Kondisi ekonomi ASEAN yang cukup dinamis mendukung pemulihan ekonomi tersebut, baik dari sisi kondisi geografis yang merupakan hub bagi perdagangan maupun didukung jumlah penduduk yang cukup besar.

Lebih lanjut, Dato Amin juga menyampaikan isu terkait dengan ketahanan energi dan pangan, yang mana isu ketahanan pangan merupakan sektor yang sulit untuk dikendalikan.

Terjadinya isu geopolitik yang berdampak pada kenaikan harga komoditas juga memberikan pelajaran bahwa meskipun suatu negara memiliki banyak sumber daya alam, baik pertanian maupun mineral, ketika harga komoditas global mengalami kenaikan, ekonomi domestik tidak dapat terlepas dari dampak kenaikan harga.

Selanjutnya, Dato Amin juga menyampaikan perlunya formula atau struktur dalam penentuan harga komoditas agar dapat menjaga stabilitas inflasi, terutama bagi negara penghasil komoditas.

Dari sisi kesehatan, perhatian utama ditujukan pada pentingnya kesiapan sektor kesehatan dalam menghadapi krisis kesehatan atau pandemi lainnya. Sri sepakat atas pemikiran Dato Amin.

Oleh karena itu, salah satu strategic thrust Indonesia dalam Keketuaan ASEAN 2023 mengusung isu recoveryrebuilding yang telah mencakup langkah-langkah untuk mendorong kerja sama antara otoritas keuangan dan kesehatan untuk meningkatkan kapasitas kesehatan di kawasan. (J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts