KY Perpanjang Pendaftaran Seleksi Calon Hakim Agung dan Ad Hoc HAM di MA

KY Perpanjang Pendaftaran Seleksi Calon Hakim Agung dan Ad Hoc HAM di MA
Komisi Yudisial (KY) memperpanjang masa penerimaan calon hakim agung (CHA) dan calon hakim ad hoc hak asasi manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) hingga Senin (26/9) dari jadwal sebelumnya Selasa (20/9). (Komisi Yudisial)

KOMISI Yudisial (KY) memperpanjang masa penerimaan calon hakim agung (CHA) dan calon hakim ad hoc hak asasi manusia (HAM) di Mahkamah Agung (MA) hingga Senin (26/9) dari jadwal sebelumnya Selasa (20/9).

“Perpanjangan ini dilakukan dalam rangka memberikan kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat untuk mendaftarkan diri,” ujar Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah dalam rilisnya, Rabu (21/9).

Selain itu, lanjut Nurdjanah, perpanjangan ini juga memberikan kesempatan bagi CHA dan calon hakim ad hoc HAM di MA yang belum menyelesaikan registrasi secara lengkap agar segera merampungkan pengisian data dan mengunggah berkas persyaratan.

“Hingga Selasa, 20 September 2022 pukul 15.00 WIB, tercatat ada 260 orang CHA pendaftar aktif yang mendaftar secara online, 74 orang di antaranya telah mengonfirmasi penyelesaian registrasi secara lengkap. Sementara itu, untuk calon hakim ad hoc HAM di MA, terdapat 4 orang telah melakukan konfirmasi penyelesaian registrasi secara lengkap. Jadi, total ada 78 orang,” ujarnya.

Lebih lanjut, Nurdjanah memerinci 74 orang pendaftar konfirmasi CHA berdasarkan jenis kamar, yaitu 6 kamar perdata, 35 kamar pidana, 7 kamar tata usaha negara, 9 kamar tata usaha negara khusus pajak, dan 17 kamar agama. Berdasarkan jenis kelamin, ada 65 laki-laki dan 9 perempuan.

“Kemudian, berdasarkan segi pendidikan, 1 orang bergelar sarjana, 24 magister, dan 49 doktor. Untuk rincian profesi pendaftar, ada 10 akademisi, 48 hakim, 5 pengacara, dan 11 berprofesi lainnya,” jelasnya.

Sementara itu, rincian 4 pendaftar konfirmasi calon hakim ad hoc HAM di MA terdiri atas 4 laki-laki. Berdasarkan tingkat pendidikan, 2 orang bergelar sarjana dan 2 lainnya magister.

“Dilihat dari profesi, seluruhnya sebagai pengacara,” pungkasnya.

KY masih terus mengundang calon-calon terbaik untuk mengikuti seleksi melalui situs www.rekrutmen.komisiyudisial.go.id. Sekadar informasi, periode kali ini mencari 11 hakim agung dengan rincian 1 di kamar perdata, 7 di kamar pidana, 1 di kamar tata usaha negara, 1 di kamar tata usaha negara khusus pajak, dan 1 di kamar agama. Selain CHA, juga dibutuhkan 3 orang untuk hakim ad hoc HAM di MA. (RLS/J1)

Baca Juga:  Presiden Ajak Masyarakat Segera Lapor SPT Tahunan sebelum Batas Waktu yang Ditentukan

Related posts