Kasus Konfirmasi Turun, Pemerintah Terus Perkuat 3T

Kasus Konfirmasi Turun, Pemerintah Terus Perkuat 3T
(Sumber: Kementerian Kesehatan)

KASUS konfirmasi covid-19 berada di 44.526, turun 10.683 dari posisi Sabtu (12/2) pada 55.209, Minggu (13/2). Hal ini merupakan kali pertama kasus konfirmasi nasional turun semenjak Indonesia menyatakan masuk dominasi penyebaran varian Omicron akhir Januari 2022.

Pemerintah terus berupaya memperkuat pencegahan guna meminimalisasi dampak terburuk pandemi covid-19, baik dari sisi kesehatan maupun sosial ekonomi lainnya.

Upaya pencegahan, seperti penguatan testing, tracing, dan treatment, terus dilakukan pemerintah untuk mencegah perluasan penyebaran virus covid-19 varian Omicron yang diketahui memiliki tingkat penyebaran lebih cepat.

Makanan kucing

Selain itu, upaya mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan juga sudah dilakukan, termasuk menjaga tempat tidur rumah sakit tetap di angka optimal dan mampu merawat pasien yang membutuhkan, seperti bergejala sedang, berat, kritis, dan memiliki komorbid.

”Pasien yang memiliki komorbiditas dan belum mendapat vaksinasi lengkap adalah korban terbesar dari covid-19. Data Kemenkes pada periode 21 Januari hingga 8 Februari 2022, menunjukkan dari 487 pasien covid-19 yang meninggal, 66% di antaranya belum divaksinasi lengkap. Pemerintah terus berjuang keras untuk mencegah lebih banyak lagi korban yang terjadi, salah satunya dengan mendorong vaksinasi. Vaksinasi, terutama bagi lansia, orang yang memiliki komorbid, dan anak-anak harus dipercepat dan diperluas,” tegas Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi.

Vaksinasi terbukti secara ilmiah mampu mengurangi risiko kesakitan dan kematian akibat terinfeksi covid-19. Hingga saat ini, vaksin covid-19 yang digunakan di Indonesia masih memiliki efektivitas yang baik untuk memproduksi antibodi bagi varian covid-19 apa pun, termasuk Omicron.

Langkah-langkah yang dilakukan pemerintah dalam mengontrol lebih sedikit korban akibat covid-19, yaitu pembatasan sosial; meningkatkan tes, telusur, dan treatment; serta mempersiapkan rumah sakit dan tenaga kesehatan.

Jumlah pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit tetap terkendali. Pada Minggu (13/2) pukul 18:10 WIB, pasien yang dirawat di rumah sakit secara nasional di 31%, naik hanya 1% jika dibandingkan dengan kemarin.

Baca Juga:  Mendag Musnahkan Pakaian hingga Tas Bekas Impor Senilai Rp10 Miliar

Untuk memenuhi kebutuhan oksigen di dalam negeri, Kemenkes berkolaborasi dengan pihak swasta serta pemerintah negara lain yang telah menyebarkan 18 ribu oksigen konsentrator ke 34 provinsi. Kemudian, Kemenkes juga tengah membangun 36 generator oksigen, 20 di antaranya sudah terinstalasi di berbagai provinsi di Indonesia dan jumlah ini masih akan terus bertambah.

Kebutuhan tenaga kesehatan untuk menghadapi kondisi terburuk juga tengah dipersiapkan. Kekurangan tenaga kesehatan yang masih dapat diatasi oleh fasilitas pelayanan kesehatan melalui pengaturan SDM sehingga tidak berdampak pada pelayanan kesehatan.

”Strategi internal rumah sakit dapat dilakukan dengan pengaturan jadwal shift, mobilisasi tenaga kesehatan dari unit lain untuk membantu pelayanan di layanan covid-19. Dilakukan juga penyediaan transportasi antar-jemput dan akomodasi untuk staf, mengurangi atau menunda layanan nonemergensi, serta meningkatkan layanan telemedisin,” terangnya.

Tenaga kesehatan maupun dokter yang sedang melaksanakan isolasi mandiri karena OTG, akan bisa diperbantukan untuk menjalankan konsultasi telemedisin pada pasien covid-19 yang menjalankan isoman.

Selanjutnya, strategi eksternal rumah sakit dilakukan dengan mobilisasi relawan (koas, PPDS), koordinasi dengan organisasi profesi dalam penyediaan tenaga cadangan untuk membantu, memobilisasi tenaga kesehatan RS dari wilayah kasus covid-19 rendah ke tinggi, memobilisasi mahasiswa akhir di institusi pendidikan kesehatan, terutama membantu dalam administrasi, memobilisasi tenaga kesehatan yang bertugas di non-faskes atau administrasi kesehatan untuk membantu merawat pasien covid-19 dengan dipayungi oleh regulasi izin praktik.

Selain itu, demi menekan kasus kematian menjadi lebih banyak lagi, Kemenkes telah menetapkan kebijakan agar hanya masyarakat yang bergejala sedang hingga kritis atau yang memiliki komorbid yang dirawat di rumah sakit. Dengan begitu, pasien OTG atau yang bergejala ringan diimbau untuk isolasi mandiri di rumah atau isolasi terpusat di tempat-tempat yang disediakan pemerintah, seperti di RSDC Wisma Atlet, Rusun Nagrak, Ngawi, dan Pasar Rumput di Jakarta.

Dalam masa isoman maupun isoter, Kemenkes memberikan layanan konsultasi kesehatan secara gratis, baik melalui platform telemedisin maupun dari petugas kesehatan yang ada di puskesmas. Kemenkes juga menyediakan paket obat dan multivitamin bagi pasien isoman dan isoter secara gratis agar segera pulih.

Baca Juga:  One Way Km 414-Km 72 Masih akan Terus Dilakukan

Masyarakat diimbau agar memperkuat protokol kesehatan untuk menjaga diri dari tertular covid-19. Juga, lengkapi vaksinasi dan lakukan booster apabila sudah saatnya menerima hal tersebut. (RLS/J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 comments

  1. Pingback: 다시보기
  2. Wow, marvelous blog layout! How lengthy have you ever been running a blog for?
    you made blogging look easy. The overall look of your website is fantastic,
    as neatly as the content material! You can see similar here sklep internetowy

  3. I am extremely impressed with your writing skills and also with the layout on your weblog.
    Is this a paid theme or did you customize it yourself? Anyway keep
    up the excellent quality writing, it is rare to see a
    nice blog like this one these days. I saw similar here:
    Sklep internetowy

  4. Hey! Do you know if they make any plugins to assist with Search Engine Optimization? I’m trying to get my blog to rank for some targeted
    keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Appreciate it! You can read similar
    blog here: Sklep internetowy