Kasad dan Atase Pertahanan Filipina Bahas Kerja Sama di Bidang Intelijen hingga Pendidikan

Kasad dan Atase Pertahanan Filipina Bahas Kerja Sama di Bidang Intelijen hingga Pendidikan
(Sumber: Dinas Penerangan TNI AD)

KEPALA Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman menerima kunjungan Atase Pertahanan Kedutaan Besar Filipina Colonel Emmanuel A Canilla PA (GSC) di Ruang Kerja Kasad Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad), Jakarta Pusat, Selasa (15/3).

Tujuan kunjungan Atase Pertahanan Duta Besar Filipina tersebut untuk membicarakan rencana kunjungan Jenderal Dudung ke Filipina dalam rangka silaturahmi dan memperkenalan diri selaku pejabat Kasad kepada Panglima dan Kasad Filipina, meninjau lembaga pendidikan militer setingkat Akademi Militer dan Seskoad, serta menghadiri kegiatan Asian Defense and Security (ADAS) yang akan digelar di Manila pada 26–29 April 2022.

Di samping itu, dalam perbincangan akrab Kasad yang didampingi Asisten Intelijen (Asintel) dan Asisten Latihan (Aslat) Kasad dengan Atase Pertahanan Kedutaan Besar Filipina di Jakarta, juga membahas kerja sama TNI AD dan Angkatan Darat Filipina di bidang intelijen, latihan, dan pendidikan.

Colonel Emmanuel mengucapkan terima kasih kepada Kasad yang telah menyediakan waktu untuk memenuhi permohonan kunjungannya ke Mabesad di tengah kesibukan dalam tugas keseharian.

Jenderal Dudung mengatakan, saat dirinya masih berpangkat kapten, pernah melaksanakan penugasan selama 1 tahun lebih di Filipina dan sudah mengunjungi beberapa kota, seperti Zamboanga, Mindanao di pulau besarnya, Cotabato, Davao, Manila, dan Palawan, sehingga situasi dan kondisi lingkungan serta budaya di beberapa kota tersebut sudah sangat dikenalnya. Bahkan, Kasad sempat menyanyikan lagu dalam bahasa Tagalog.

Di akhir perbincangan, Atase Pertahanan Kedutaan Besar Filipina tersebut menawarkan untuk mengatur jadwal Jenderal Dudung bila berkeinginan mengunjungi komunitas muslim di Filipina. (RLS/J1)

Baca Juga:  Presiden Lakukan Rangkaian Kunjungan Luar Negeri ke Kawasan Asia Timur¬†

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1 comment