Ini Syarat Perjalanan Terbaru Naik DAMRI

Ini Syarat Perjalanan Terbaru Naik DAMRI
(Sumber: Kementerian Badan Usaha Milik Negara)

DAMRI mematuhi kebijakan pemerintah terkait dengan syarat perjalanan orang dalam negeri pada masa pandemi yang dimulai Selasa (8/3). Hal itu sejalan dengan ketentuan dalam Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2022 dan Surat Edaran Satgas Covid-19 Nomor 11 Tahun 2022.

Dilansir dari situs Kementerian Badan Usaha Milik Negara, Jumat (11/3), seluruh rute perjalanan yang dioperasikan DAMRI menerapkan peraturan yang tertuang dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Darat pada Masa Pandemi Covid-19 yang berlaku efektif 8 Maret 2022.

Plt Corporate Secretary DAMRI Siti Inda Suri mengatakan bahwa sesuai SE tersebut, setiap pelanggan perjalanan darat di seluruh Indonesia yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua atau ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen.

Sementara itu, bagi pelanggan yang telah mendapatkan vaksinasi dosis pertama, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 3×24 jam atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu 1×24 jam sebelum keberangkatan sebagai syarat perjalanan.

Namun, bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan tidak dapat menerima vaksinasi, wajib menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 3×24 jam atau rapid test antigen maksimal 1×24 jam serta melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi.

Khusus perjalanan rutin dengan moda transportasi darat dalam satu wilayah atau kawasan aglomerasi perkotaan, tidak diwajibkan menunjukkan kartu vaksin dan surat keterangan hasil negatif rapid test antigen.

“Adapun pelanggan perjalanan yang berusia di bawah 6 tahun dapat melakukan perjalanan dengan pendamping dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat,” tambah Siti Inda di Jakarta, Kamis (10/3).

Sesuai dengan SE Kementerian Perhubungan Nomor 23 Tahun 2022, pemeriksaan persyaratan perjalanan pada setiap pelanggan dilakukan dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi oleh tiap-tiap petugas di lapangan.

Baca Juga:  Bareskrim Sita dan Blokir Aset Hendry Susanto Senilai Rp47,5 Miliar Terkait Robot Trading Fahrenheit

Selain itu, lanjut Siti Inda, seluruh operasional DAMRI telah siap menjalankan peraturan terbaru sesuai dengan SE tersebut. DAMRI berkomitmen senantiasa memastikan penerapan protokol kesehatan covid-19 yang berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku demi mewujudkan perjalanan yang aman, nyaman, serta selamat untuk pelanggan dan pramudi.

“Kami mengimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu mematuhi ketentuan perjalanan yang berlaku dan bersama-sama menjaga penerapan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker dengan benar, menjaga jarak, dan mencuci tangan. Utamakan kesehatan dan keselamatan bersama dengan selalu menjaga jarak aman. Jangan lupa untuk tetap berdoa dan berusaha agar pandemi ini segera usai dan perekonomian di Indonesia dapat pulih kembali,” tandasnya. (J1)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.

2 comments

  1. I’m not sure why but this blog is loading very slow for me.
    Is anyone else having this problem or is it a issue on my end?
    I’ll check back later and see if the problem still exists.

    my web page – special