Indonesia Gelar Rangkaian Pertemuan the ASEAN Foreign Ministers’ Retreat

INDONESIA akan menyelenggarakan rangkaian pertemuan the ASEAN Foreign Ministers’ (AMM) Retreat di Sekretariat ASEAN, Jakarta, Kamis-Sabtu (2-4/2).

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi akan memimpin AMM Retreat yang dilaksanakan pada Sabtu (4/2). Pertemuan AMM ini merupakan pertemuan Menteri Luar Negeri ASEAN pertama di masa keketuaan Indonesia di ASEAN pada 2023.

AMM Retreat akan diawali dengan Pertemuan Pejabat Tinggi (Senior Officials’ Meeting) ASEAN pada Kamis (2/2) dan ASEAN Coordinating Council ke-32 pada Jumat (3/2). Dalam rangkaian pertemuan ini, akan dibahas beberapa agenda, termasuk prioritas keketuaan Indonesia dan tindak lanjut hasil-hasil KTT ASEAN ke-40 dan ke-41 di 2022.

Makanan kucing

Keketuaan Indonesia mengangkat tema ASEAN Matters: Epicentrum of Growth.

“Indonesia akan mendorong upaya kerja sama ASEAN yang semakin kuat dalam merespons berbagai tantangan kawasan dan global, seperti rivalitas geopolitik, dampak berkelanjutan pandemi dan bencana alam, krisis keuangan, krisis energi, serta krisis pangan,” kata Retno dalam keterangannya dilansir dari Kementerian Luar Negeri, Kamis (2/2).

Selain itu, Indonesia juga terus bertekad menjaga stabilitas dan perdamaian di kawasan Indo-Pasifik melalui pendekatan paradigma kolaborasi.

Lebih lanjut, ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP) merupakan prakarsa Indonesia yang diadopsi para pemimpin ASEAN pada Juni 2019 dan bertujuan menjaga stabilitas kawasan melalui kemitraan, dialog, dan kerja sama. (J1)

Baca Juga:  Nonton MotoGP Bersama Presiden, Gubernur NTB: Mandalika Ubah Wajah Indonesia
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts