Indonesia-Amerika Serikat Akhiri Kemitraan Program Bantuan Covid-19

Indonesia-Amerika Serikat Akhiri Kemitraan Program Bantuan Covid-19
Sumber: Kementerian Kesehatan

WAKIL Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono menghadiri peringatan keberhasilan kerja sama program bantuan covid-19 sekaligus menutup kemitraan penanggulangan pandemi dari pemerintah Amerika Serikat untuk Indonesia yang berlangsung di Perpustakaan Nasional Jakarta, Jumat (31/3).

Dante menjelaskan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang berhasil dalam penanganan pandemi covid-19. Bahkan, keberhasilan ini mendapat pengakuan dari beberapa negara, termasuk Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat pandemi covid-19 relatif terkendali dalam 10 bulan terakhir. Per 30 Maret 2023, kasus harian bertambah 556 kasus dengan jumlah kasus aktif sebanyak 5.000 kasus. Kesuksesan ini dapat dicapai melalui upaya masif dalam empat pilar, yakni testing atau surveilans, pengobatan, vaksinasi, dan protokol kesehatan.

Makanan kucing

Selain melalui strategi penanganan pandemi, keberhasilan penanganan covid-19 turut didukung kerja sama multisektor, baik di tingkat pemerintah pusat maupun daerah, swasta, partisipasi masyarakat, mitra pembangunan, ataupun negara sahabat, salah satunya pemerintah Amerika Serikat melalui USAID.

”Kami mengapresiasi semua dukungan dalam memperkuat strategi surveilans, pengobatan, vaksinasi, dan protokol kesehatan. Pandemi ini memberikan pelajaran bagi Indonesia untuk memperkuat kapasitas menghadapi covid-19 dan mengantisipasi pandemi lainnya di masa mendatang,” kata Dante dalam keterangannya, Sabtu (1/4).

Selama pandemi covid-19, pemerintah Amerika telah memberi dukungan dan bantuan yang sangat berarti kepada pemerintah Indonesia. Total ada sekitar USD65 juta dana komitmen yang diberikan selama 2020-2023.

Dukungan tersebut diserahkan melalui Badan Pembangunan Internasional AS (The United States Agency for International Development/USAID) mencakup untuk 270 juta masyarakat Indonesia.

Pada tahun pertama pandemi, bantuan tersebut digunakan untuk penanganan kasus, penguatan fasilitas pelayanan kesehatan dan alat kesehatan, serta penguatan kapasitas laboratorium.

Sejak diberlakukan program vaksinasi covid-19, bantuan kemudian diperluas untuk mempercepat perluasan dan pemerataan akses vaksinasi covid-19 di tingkat pusat maupun daerah.

Dante mengatakan bantuan kegawatdaruratan tersebut sangat penting untuk membantu Indonesia keluar dari pandemi covid-19 dengan lebih cepat. Kini, Indonesia telah memasuki masa transisi dari pandemi menuju endemi. Ini menjadi momentum bagi pemulihan sektor ekonomi yang beriringan dengan sektor kesehatan.

Baca Juga:  Menkeu Klaim Indonesia Mampu Hadapi Risiko Geopolitik dalam Presidensi G20

Di tengah upaya penanganan pandemi, pada saat yang sama, Kementerian Kesehatan melakukan reformasi sektor kesehatan yang fokus pada peningkatan akses dan mutu pelayanan kesehatan di seluruh Indonesia.

Untuk itu, Dante berharap kemitraan yang terjalin antara pemeritah Indonesia dan pemerintah Amerika, khususnya bidang kesehatan, dapat terus berlanjut, bukan hanya covid-19, melainkan juga menangani masalah kesehatan lainnya di masa depan.

”Mari kita tutup kemitraan penanggulangan pandemi ini. Kami percaya bahwa kemitraan kuat kita akan berlanjut di tahun-tahun mendatang. Hanya bersama, kita bisa bangkit dan tumbuh lebih kuat,” tutup Dante.

Deputy Chief of Mission Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Michael Kleine mengapresiasi keberhasilan pemerintah Indonesia dalam menanggulangi pandemi covid-19.

Sebagai bentuk apresiasi, pemerintah Amerika Serikat melalui USAID menyerahkan penghargaan respons penanganan pandemi covid-19 yang diserahkan Direktur USAID Indonesia Jeff Cohen kepada Kepala BKPK Syarifa Liza Munira.

Dilanjutkan dengan pemberian sertifikat atas kesuksesan bermitra dan kolaborasi respons covid-19 dari Direktur USAID Indonesia Jeff Cohen yang diterima Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono.

Dengan keberhasilan ini, Michael Kleine mengharapkan kemitraan pemerintah Amerika Serikat dengan pemerintah Indonesia di sektor kesehatan semakin kuat dan dapat terus berlanjut.

”Ini merupakan perayaan atas keberhasilan penanganan pandemi covid-19, Selanjutnya, kita harus bersiap-siap menghadapi pandemi selanjutnya,” pungkas Dante. (RLS/J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts