Gempa Turki, Indonesia Beri Bantuan Kemanusiaan Tahap Pertama

Gempa Turki, Indonesia Beri Bantuan Kemanusiaan Tahap Pertama
Sumber: Kementerian Luar Negeri

PEMERINTAH Indonesia telah mengirimkan empat tim ke Gaziantep, Kahramanmaraş, Diyarbakır, dan Hatay menyusul gempa di Turki pada Selasa (7/2).

Menurut informasi yang diterima di Jakarta, Rabu (8/2), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara berhasil mengevakuasi total 123 orang. Dalam rombongan evakuasi tersebut, juga terdapat 2 warga negara (WN) Malaysia dan 1 WN Myanmar. KBRI Ankara juga menyampaikan bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan melalui Bulan Sabit Merah Turki.

Hingga Rabu, tercatat satu warga negara Indonesia (WNI) dan anaknya yang berusia 1 tahun meninggal di Kahramanmaras. Tim evakuasi KBRI Ankara yang berada di lokasi telah mengurus pemulasaran jenazah. Terdapat 10 WNI korban luka-luka, 4 di antaranya telah ditangani di rumah sakit setempat dan 6 lainnya dievakuasi ke Ankara untuk mendapatkan penanganan medis lebih lanjut.

Makanan kucing

Kondisi di lokasi gempa tergolong berat sehingga menyulitkan akses masuk, khususnya di Gaziantep City Center, Nurdagi, Hatay, dan Kahramanmaras.

Sebagai informasi, saat ini pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan pengiriman tim SAR dan medis ke Turki. (J1)

Baca Juga:  Indonesia Galang Dukungan untuk Palestina lewat Pertemuan Luar Biasa OKI
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts