DPRD Resmi Umumkan Pemberhentian Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta

DPRD Resmi Umumkan Pemberhentian Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta
Sumber: Sekretariat DPRD Provinsi DKI Jakarta

KETUA DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi mengatakan hal ini merupakan salah satu rangkaian wajib untuk melengkapi administrasi yang harus dijalankan DPRD pada akhir masa jabatan gubernur sesuai dengan Pasal 78 ayat 2 huruf b serta Pasal 79 ayat 1 dalam Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

“Perlu kami sampaikan bahwa rapat paripurna hari ini adalah salah satu proses untuk kelengkapan administrasi dalam rangka pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2022,” ujar Prasetyo dalam rilisnya, Selasa (13/9).

Selanjutnya, dalam paripurna, Prasetyo dan Wakil Ketua DPRD Rany Mauliani, Khoirudin, dan Zita Anjani menandatangani berita acara sebagai bentuk sahnya pengumuman pemberhentian gubernur dan wakil gubernur.

Makanan kucing

Dalam kesempatan itu, Pras—sapaan akrabnya–juga mengimbau pada Anies dan Riza pada sisa masa jabatan yang tinggal 40 hari lagi agar tidak mengeluarkan kebijakan ataupun melakukan pelantikan karena berpotensi melanggar surat pemberitahuan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 131/2188/OTDA hal Usul Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang masa jabatannya berakhir pada 2022. Itu karena paling lambat 16 September 2022 harus segera disampaikan kepada Kemendagri.

“Maka, dengan ini, kami mengusulkan agar Gubernur DKl Jakarta tidak melakukan pelantikan kepada pejabat tinggi pratama pada Pemerintah Provinsi DKl Jakarta supaya tidak bertentangan terhadap aturan yang berlaku,” ungkapnya.

Diketahui, seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama dimaksud akan memperoleh hasil kandidat pada 3 Oktober 2022. Artinya, kepala daerah akan mengangkat atau melantik dari hasil seleksi dimaksud kurang 13 hari berakhirnya masa jabatan tersebut. (RLS/J1)

Baca Juga:  Buntut Kasus Ferdy Sambo, Kompolnas Desak Polri Benahi Jajarannya  
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts