Cek Pasar Rakyat di Semarang, Mendag: Secara Nasional, Harga Bapok Cenderung Turun

Cek Pasar Rakyat di Semarang, Mendag: Secara Nasional, Harga Bapok Cenderung Turun
Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan meninjau Bazar Ramadan 2023 yang diselenggarakan di Semarang, Jawa Tengah, Minggu (9/4). Bazar tersebut digelar di beberapa titik, yaitu Kecamatan Semarang Selatan, Kecamatan Semarang Tengah, dan Kecamatan Semarang Barat. (Kementerian Perdagangan)

MENTERI Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan, dalam minggu ketiga Ramadan 2023 ini, harga barang kebutuhan pokok (bapok) secara nasional terpantau turun. Hal tersebut turut tergambar dari harga-harga bapok di Semarang, Jawa Tengah, pada Minggu (9/4).

Pernyataan tersebut disampaikan Zulkifli seusai meninjau harga dan pasokan bapok di Pasar Peterongan, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (9/4).

Saat meninjau, Zulkifli didampingi Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Isy Karim dan Plt Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto.

Makanan kucing

“Harga-harga bapok di Kota Semarang turun. Alhamdulillah harga-harga di Jawa Tengah bagus dan stabil. Saat ini kita pantau bahwa semakin mendekati Lebaran, harga-harga turun. Kita harapkan bersama hingga Lebaran nanti stoknya cukup dan harga stabil,” kata Zulkifli dalam keterangannya.

Berdasarkan pantauan, komoditas yang turun, di antaranya cabai rawit merah menjadi Rp30.000/kg dan telur ayam ras Rp28.000/kg. Di sisi lain, komoditas yang terpantau stabil, yakni beras medium Rp10.000/kg–Rp12.000/kg, beras Bulog Rp9.450/kg, beras premium Rp13.000/kg, gula pasir Rp13.000/kg–Rp13.500/kg, minyak curah Rp13.500/liter, minyak goreng premium Rp17.500/liter–Rp20.000/liter, Minyakita Rp14.000/liter, daging sapi Rp130.000/kg, bawang putih Rp30.000/kg–Rp35.000/kg, bawang merah Rp32.000/kg–Rp35.000/kg, cabai merah keriting Rp30.000/kg, dan cabai merah besar Rp30.000/kg.

Tinjau Pasar Murah Ramadan

Setelah meninjau Pasar Peterongan, Zulkifli turut meninjau pelaksanaan pasar murah dalam bentuk bazar Ramadan di beberapa titik di Kota Semarang. Pasar murah tersebut digelar di Kecamatan Semarang Selatan, Kecamatan Semarang Tengah, dan Kecamatan Semarang Barat. Pasar murah tersebut digelar sebagai bentuk sinergi Kementerian Perdagangan dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Perdagangan Kota Semarang.

Zulkifli kembali mengungkapkan pasar murah bertujuan membantu masyarakat mendapatkan bapok dengan harga terjangkau.

“Kemendag bekerja sama dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah serta Dinas Perdagangan Kota Semarang untuk menggelar pasar murah di tiga tempat di Semarang. Kami hadirkan pasar murah hari ini di tengah permukiman agar masyarakat bisa mendapatkan bapok dengan harga grosir. Kami harap masyarakat terbantu dalam mempersiapkan Lebaran nanti,” kata  Zulkifli.

Pada pasar murah tersebut, dijual berbagai bapok, di antaranya beras Bulog Rp45.000/5 kg, Minyakita harga Rp13.500/liter, gula pasir Rp12.500/kg, dan telur ayam ras Rp25.000/kg. Selain itu, terdapat juga ritel modern dan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) setempat yang menjual sejumlah barang kebutuhan pangan lainnya dan produk makanan kering untuk persiapan menyambut Lebaran. (RLS/J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts