BNPB: 8 Kecamatan di Simeulue Tergenang Banjir

BNPB: 8 Kecamatan di Simeulue Tergenang Banjir
Foto : Banjir yang merendam pemukiman warga Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh. (BPBD Kabupaten Simeulue)

SEBANYAK delapan kecamatan di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, tergenang banjir pada Rabu (14/12). Adapun 8 kecamatan, antara lain Kecamatan Simeulue Timur, Kecamatan Teupah Selatan, Kecamatan Teupah Tengah, Kecamatan Teupah Barat, Kecamatan Teluk Dalam, Kecamatan Salang, Kecamatan Alafan, dan Kecamatan Simeulue Barat.

Kejadian ini terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah terdampak sekitar pukul 09.10 WIB. Dari hasil kaji cepat sementara, terdapat 377 rumah warga yang terdampak banjir. Selain itu, dilaporkan juga terdapat satu unit sarana pendidikan yang ikut terdampak.

Berdasarkan pantauan visual di lapangan, tinggi muka air mencapai 110 sentimeter. Hal ini menyebabkan sedikitnya 36 jiwa terpaksa mengungsi.

Makanan kucing

“Kondisi banjir ini juga berdampak pada jalan penghubung antarkecamatan yang sempat menghambat mobilitas warga sekitar,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari, Ph.D., dalam keterangannya, Kamis (15/12).

Tim BPBD Kabupaten Simeulue segera menerjunkan tim reaksi cepat ke lokasi terdampak. Koordinasi antarlintas instansi terkait juga terus dijalin guna melakukan evakuasi dan penanganan darurat.

Wilayah sekitar Simeulue masih berpeluang hujan dengan intensitas ringan. Hal ini sebagaimana informasi prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) pada Kamis (15/12).

BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat dapat lebih meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Salah satunya ialah melalui penyampaian informasi secara berjenjang hingga diterima perangkat daerah di tingkat RT/RW mengenai waspada peringatan dini hujan.

“Penguatan diseminasi informasi peringatan dini bertujuan mengantisipasi risiko bahaya sehingga bisa menjadi pertimbangan langkah mitigasi yang harus diambil sebelum terjadi bencana,” pungkas Abdul. (RLS/J1)

Baca Juga:  Pemulihan Jalur KA Bogor-Sukabumi Terdampak Tanah Longsor, Menhub: Butuh Waktu 3 Bulan
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts