Bea Cukai Kudus Ringkus Ratusan Ribu Rokok Ilegal di Demak dan Jepara

Bea Cukai Kudus Ringkus Ratusan Ribu Rokok Ilegal di Demak dan Jepara
Sumber: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

BEA Cukai Kudus kembali melancarkan penindakan terhadap peredaran rokok ilegal di wilayah Demak dan Jepara. Sebanyak 195.400 batang rokok ilegal berhasil diamankan dari kedua penindakan yang dilaksanakan pada Selasa (28/3).

Penindakan pertama dilakukan Bea Cukai Kudus pada salah satu agen jasa pengiriman di Desa Welahan, Kabupaten Jepara.

“Dari kegiatan patroli yang dijalankan petugas pada pukul 13.30 WIB, menemukan kecurigaan adanya rokok ilegal di salah satu agen jasa pengiriman,” ungkap Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Moch Arif Setijo Nugroho dalam keterangannya, Senin (3/4).

Makanan kucing

Sekitar pukul 14.30 WIB, tim memutuskan untuk melakukan pemeriksaan di agen jasa pengiriman yang telah dipantau. Dari hasil pemeriksaan, ditemukan sebanyak 74 paket kiriman yang ternyata berisi 285 selop rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) tanpa dilekati pita cukai dengan berbagai merek. Perkiraan total nilai barang rokok ilegal sebesar Rp84.085.000 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp57.629.715.

Masih di hari yang sama, petugas Bea Cukai Kudus juga berhasil mengamankan 128.400 batang rokok ilegal di Jalan Lingkar Demak, Desa Botorejo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Demak.

Sebelumnya, pada pukul 18.00 WIB, tim memperoleh informasi tentang adanya sarana pengangkut yang diduga digunakan untuk mengangkut barang kena cukai berupa rokok yang diduga ilegal dari wilayah Jepara.

Untuk memastikan informasi tersebut, tim segera melakukan penyisiran di sepanjang Jalan Kalipucang-Welahan. Sekitar pukul 18.30 WIB, tim berhasil menemukan sarana pengangkut sesuai yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Raya Welahan sehingga dilakukan pengejaran secara terus-menerus agar dapat diberhentikan.

Dari hasi pemeriksaan, ditemukan 642 selop rokok jenis SKM tanpa dilekati pita cukai dengan berbagai merek. Perkiraan total nilai barang rokok ilegal sebesar Rp161.142.000 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp110.442.618.

“Seluruh rokok ilegal dan barang bukti lainnya dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Upaya pemberantasan rokok ilegal akan terus Bea Cukai lakukan sebagai bentuk komitmen melindungi masyarakat dan menciptakan keadilan berusaha bagi pelaku usaha cukai yang taat terhadap ketentuan perpajakan,” pungkas Arif. (RLS/J1)

Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts