Bea Cukai Kudus Gagalkan Peredaran Ribuan Rokok tanpa Pita Cukai di Demak

Bea Cukai Kudus Gagalkan Peredaran Ribuan Rokok tanpa Pita Cukai di Demak
Sumber: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai

BEA Cukai Kudus kembali menggagalkan peredaran rokok ilegal dalam rangka Operasi Gempur Rokok Ilegal pada 2023.

Pada Senin (10/4), Bea Cukai Kudus melakukan penindakan terhadap rokok ilegal yang dikirim menggunakan sepeda motor. Sebanyak 68.880 batang rokok ilegal berjenis sigaret kretek mesin (SKM) berhasil diamankan tim di Jalan Lingkar Demak, Desa Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

Kepala Kantor Bea Cukai Kudus Moch Arif Setijo Nugroho mengungkapkan, pada pukul 18.00 WIB, tim memperoleh informasi tentang adanya dua sepeda motor yang diduga digunakan untuk mengangkut barang kena cukai (BKC) berupa rokok yang diduga ilegal dari wilayah Jepara.

Makanan kucing

“Untuk memastikan informasi tersebut, tim segera melakukan penelusuran di sepanjang Jalan Welahan-Demak,” kata Arif dalam keterangannya, Kamis (27/4).

Tidak lama setelah penelusuran, tim berhasil menemukan sarana pengangkut sesuai dengan yang diinformasikan sedang melaju di Jalan Raya Welahan sehingga dilakukan pengejaran secara terus-menerus agar dapat diberhentikan. Sekitar pukul 18.30 WIB, tim berhasil menghentikan kedua sepeda motor tersebut dan melakukan pemeriksaan.

Dari hasi pemeriksaan, ditemukan 3.460 bungkus rokok jenis SKM tanpa dilekati pita cukai dengan berbagai merek. Perkiraan total nilai barang rokok ilegal sebesar Rp86.444.400 dengan potensi penerimaan negara sebesar Rp59.246.788.

Seluruh rokok ilegal, pengendara (NRF&ED), dan sarana pengangkut yang digunakan untuk membawa rokok ilegal dibawa ke Kantor Bea dan Cukai Kudus untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. (RLS/J1)

Baca Juga:  Sandiaga Uno Dukung Penerapan Kebijakan WFH
Laoshidaishu Germany PC Material Polo Koper

Related posts